Persiapkan Dengan Dini Pernikahan Anda
Menunda Menikah ?
Ketika Hari 'H' Semakin Dekat
Hilangkan Mitos-Mitos Kuno Mengenai Perkawinan
Ajak Dia Berkomitmen Lebih Jauh
Tips Wajah Cantik
10 Jurus Meningkatkan Kemesraan
Jalan Menuju Kebahagiaan
Menggapai Hubungan yang Sehat
Persiapkan Dengan Dini Pernikahan Anda


Semua pasangan pengantin pasti setuju bila dikatakan bahwa hari pernikahan adalah saat-saat yang paling berkesan dalam hidup mereka. Bukan saja pada hari itu mereka menjadi raja dan ratu sehari, tetapi itu merupakan langkah awal dalam menapak perjalanan panjang menuju kebahagiaan bersama pasangan yang dicintai. Tentunya para calon pasangan pengantin telah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan segala sesuatu demi kelancaran pada hari pernikahan, namun mungkin saja ada yang terlewatkan.
29 tips yang berguna bagi Anda dalam mempersiapkan berbagai keperluan pernikahan:

1. Setelah diputuskan tanggal pernikahan, segeralah membentuk panitia pernikahan dengan lima divisi meliputi:
a. Seksi acara, undangan dan konsumsi.
b. Seksi dokumentasi, ijin pesta, surat nikah, kado dan sebagainya.
c. Seksi gedung, sound system, dekorasi, lampu dan pelaminan.
d. Seksi protokoler, pagar ayu dan buku tamu.
e. Seksi keuangan (lebih baik dari keluarga sendiri).

2. Sebaiknya mulai mempersiapkan keperluan pernikahan Anda pada hari H-365 hari.

3. Anda tidak perlu mencantumkan permohonan kado berupa uang pada undangan kawin, karena saat ini masyarakat umum sudah paham betul kalau mereka harus memberi uang sebagai kadonya.

4. Bila Anda merasa sangat perlu untuk memberi nomor pada amplop kado yang diterima, sebaiknya jangan dilakukan di depan tamu yang bersangkutan karena kurang sopan.

5. Undangan kepada teman-teman dekat cukup berupa pemberitahuan secara lisan atau lewat telepon/faksimili.

6. Dahulukan pengiriman undangan kepada kerabat/orang yang dituakan.

7. Bentuk undangan tidak perlu aneh-aneh karena trend saat ini adalah simple, yang penting indah serta mudah dibaca.

8. Walaupun bukan suatu keharusan, sebaiknya sediakan souvenir kepada para tamu sebagai ucapan terimakasih.

9. Untuk tamu undangan dari luar kota, ada baiknya Anda ikut memikirkan tempat menginap bagi mereka, tidak perlu haris menginap di hotel, mungkin bisa di rumah sendiri.

10. Persiapkan kamar pengantin Anda. arang-barang yang harus ada di dalam kamar pengantin adalah tempat tidur besar, meja rias, bangku serta meja bila memungkinkan Lemari pakaian sementara bisa diganti dengan kapstok (gantungan pakaian).

11. Kamar pengantin tidak perlu banyak warna, cukup didominasi dengan putih/pastel color, yang penting kesan pengantin lebih menonjol.

12. Sediakan makanan lebih banyak dari jumlah tamu yang Anda undang, agar semua tamu kebagian.

13. Sepatu adalah bagian dari pernak-pernik pernikahan. Bila gaun Anda putih, ivory atau beige, sebaiknya gunakan sepatu dengan warna yang senada. Bila gaun Anda emas atau warna lain, maka sepatu hitam atau emas akan mempercantik penampilan Anda.

14. Bila Anda adalah pasangan calon pengantin yagn sibuk, dianjurkan untuk menggunakan pakat-paket pernikahan yang ditawarkan. Selain biayanya jadiu lebih murah. Anda juga akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Dari paket-paket pernikahan ini Anda akan mendapatkan gaun pengantin beserta perlengkapannya dengan kualitas seperti yang Anda inginkan.

15. Lakukanlah pemotretan di studio sebelum hari pernikahan agar didapat hasil yang optimal dan terasa lebih santai. Bila pemotretan di studio dilaksanakan pada hari pernikahan, selain waktunya sempit, Anda juga akan merasa tergesa-gesa waktu berpose di depan kamera. Pada hari pernikahan, pasangan pengantin akan mengalami keletihan yang sangat sehingga ekspresi wajah mereka juga memperlihatkan hal yang sama.

16. Sebelum melaksanakan pernikahan, ada baiknya bila pasangan calon pengantin mengadakan perjanjian dahulu agar tidak timbul penyesalan setelah menikah nanti.

17. Perjanjian tersebut diantaranya meliputi peran pengasuhan anak, pembagian tuags pekerjaan rumah tangga, karier suami/istri, masalah keuangan keluarga, hubungan dengan orang tua dan sebagainya.

18. Untuk mendapatkan perkawinan yang haromonis sangatlah penting untuk memeriksakan kesehatan pasangan calon pengantin sebelum menikah. Pemeriksaan untuk wanita meliputi : - Pemeriksaan umum menyeluruh; - Pemeriksaan ginekologi. Pemeriksaan untuk pria meliputi : - Pemeriksaan umum menyeluruh; - Pemeriksaan kualitas sperma; - Pemeriksaan kemungkinan adanya berbagai virus berbahaya di dalam tubuh.

19. Pria dan wanita tidak dianjurkan menikah bila : - Keduanya menderita diabetes, karena anaknya akan menderita hiper diabetes. - Rheus darahnya bertentangan sebaiknya sama-sama positif atau negatif. - Keduanya menderita asma atau epilepsi. - Masih ada hubungan darah atau keluarga dekat.

20. Dalam memilih gaun pengantin perlu diperhatikan mode-mode yang sesuai dengan bentuk tubuh, jangan hanya terpengaruh oleh trend saat ini.

21. Kenalilah bentuk tubuh Anda sebagai acuan dalam memilih mode gaun pengantin.

22. Harga bukan patokan dalam menentukan pilihan gaun pengantin karena yang mahal belum tentu selalu bagus, yang penting pantas dan berpenampilan elegan.

23. Sebagai petunjuk bagi Anda, trend gaun pengantin tahun 98/99 adalah simpel dan ringan, dengan sedikit aksesoris dan tidak berlebihan.

24. Perhatikan proporsi antara gedung tempat mengadakan pernikahan dengan gaun pengantin Anda. Bila gedung yang Anda sewa sempit, sebaiknya ekor pada gaun pengantin/sleuir jangan terlalu panjang.

25. Usahakan keramas sehari sebelum pernikahan agar proses make-up/hair do menjadi lebih cepat dan menghindarkan kemungkinan masuk angin bila pengantin make-up saat subuh.

26. Siapkan snack/makanan kecil sebagai pengganjal perut di dalam mobil pengantin.

27. Usahakan sarapan dahulu sebelum make-up pengantin karena sejak make-up sampai saat pesta mungkin Anda tidak akan sempat makan.

28. Bagi pengantin wanita, sebaiknya jangan terlalu banyak minum karena akan sangat merepotkan bila ingin buang air.

29. Cincin kawin lebih baik ditempatkan di saku pengantin pria agar tidak ada resiko tertinggal sewaktu upacara pernikahan.

(Berbagai sumber)

[ Teras | Profil | Prestasi | Galeri | Paket Pernikahan | Layanan Pelanggan | Tips & Trik | Event | Peta Situs | Bantuan ]
Copyright ® 2001 - 2019 Erna S Bridal & Salon , Jakarta - Indonesia